ALEXA FONTANILLA AGGIEBertempat di cabang cerita Amerika Asia, The Bulosa middle adalah produk dari relawan akar rumput

Pada 29 September, makan malam penggalangan dana menandai lubang inti Bulosan untuk laporan Filipina. terbentuk di dalam departemen cerita Asia Amerika dan terletak di lantai tiga koridor Hart, inti akan berfungsi sebagai ruang untuk penelitian dan advokasi sarjana dan pascasarjana.

Inti Bulosan – dinamai pencipta Filipina Carlos Bulosan – menjadi diprakarsai dan diselesaikan di bawah manajemen cabang studi Asia Amerika dan Profesor Robyn Rodriguez. Setelah menyelesaikan studi sarjananya di UC Santa Barbara, Rodriguez melanjutkan ke sekolah pascasarjana di UC Berkeley di mana dia dan teman-temannya mengamati perlunya ilustrasi Filipina di kalangan perguruan tinggi.

Rodriguez, yang tumbuh menjadi seorang profesor, direkrut dengan menggunakan UC Davis untuk pekerjaannya dengan diaspora Filipina.

“Setelah memiliki pengalaman yang saya miliki di perguruan tinggi dan hidup dalam keadaan lapangan, warna-warni yang saya mungkin tentu saja salah satu yang paling efektif sedikit di setiap usato melakukan bentuk pekerjaan itu, saya percaya ini bisa menjadi peluang untuk membentuk tengah , “Kata Rodriguez.

Pusat Bulosan juga merupakan hasil dari kerja mc88poker departemen pada pelestarian warisan Filipina-Amerika.

Rangkuman menangkap Bonta, rangkain utama Filipina-Amerika Kalifornia, mengusulkan RUU ke-123, yang mewajibkan dimasukkannya kurikulum Filipina-Amerika dalam ulasan warisan dan sosial yang oke-12. berdasarkan kebutuhan akan uang yang dibenarkan, departemen pengkajiaan Asia-Amerika memulai usaha yang didanai oleh perusahaan untuk arsip sumbangan Filipina bagi perjuangan buruh tani Sembilan Belas Tahun 1960 yang berjudul Welga! Arsip Digital.

“Masalahnya berubah menjadi tidak ada sejumlah beasiswa atau penelitian tentang topik itu dan sebagai lingkungan kami tidak memiliki arsip pusat di mana pengalaman kami dicatat dan dilestarikan,” kata Rodriguez. “Terlepas dari kenyataan bahwa para guru ingin mencakup sejarah ini, hanya ada sedikit atau tidak sama sekali untuk bekerja.”

Pada tahun 2017, sesuai dengan kantor UC catatan Terpisah Presiden, ada 12.623 pelajar Filipina dalam gadget UC. Dari jumlah ini, 1. “759 berasal dari UC Davis. Pusat Bulosan adalah pusat dari jenisnya sebagai area untuk cerita Filipina-Amerika di sebuah lembaga analisis.

“Ini berubah menjadi sekitar waktu … untuk memiliki rumah yang dipilih katering untuk tidak hanya latar belakang kami, tetapi juga kekhawatiran berurusan dengan komunitas kami di masyarakat di samping nasional dan kembali ke bawah di Filipina,” berbicara tentang Wayne Jopanda, Ph. D. siswa di cabang pengalaman Budaya dan sukarelawan di inti Bulosan. “Ini bukan sekadar tempat untuk penelitian. Ini adalah tempat untuk keterlibatan lingkungan dan untuk membangun jembatan antara akademisi dan lingkungan kami, serta komunitas marjinal yang berbeda. ”

pada musim panas 2018, Rodriguez dan sekelompok mahasiswa pascasarjana dan sarjana membentuk koalisi sukarelawan yang tertarik untuk meningkatkan kerja Welga! misi. Konsepsi tumbuh menjadi konsepsi tengah untuk pengalaman Filipina di kampus.

Relawan berkolaborasi dengan Aliansi negara yang luas untuk masalah Filipina, Migrante, LEAD Filipino, perhimpunan Hari Berbangsa negara Filipina dan lembaga mahasiswa sarjana UC Davis Filipinx untuk meningkatkan dana dan memimpin sebanyak peluncuran pusat pada 29 September.

“Itu tidak terjadi kecuali saya tiba di sini untuk UC Davis dan mulai mengambil pelajaran cerita Asia-Amerika dan bergabung dengan komunitas Filipina-Amerika saya memulai belajar bagaimana latar belakang Fil-Am yang kaya menjadi. Saya menyadari apa fungsi penting yang dilakukan pendahulu kami dalam membentuk hadiah saya, ”jelas Leigh Bagood, pertukaran verbal ketiga-belas bulan penting dan salah satu sukarelawan media vital vital.

masalah itu tenang dari kelompok inti sukarelawan yang mengumpulkan donasi internasional dan nasional, dari kelompok Davis dan dari kontribusi pribadi pribadi mereka untuk mengumpulkan jumlah sekitar $ 30. “000. Niat mereka adalah untuk menopang donor mereka untuk asupan konstan ke mendanai pekerjaan mereka dalam penelitian dan pembesaran.  

“Kami tidak hanya perlu melayani komunitas UC Davis di kampus, tetapi juga peralatan UC dengan rapi,” kata Jopanda. “Tidak peduli apakah itu melalui lokakarya, apakah itu melalui tahu kampanye Hak Anda, bahkan jika itu melalui menghubungkan dengan mahasiswa di Public fitness atau fakultas klinis dan membawa orang-orang di sekitar untuk memberikan layanan keterampilan perawatan kebugaran bagi individu yang mungkin juga tidak memiliki perawatan kebugaran atau memiliki akses ke perawatan itu. Ini pada dasarnya akan menjadi reaksioner terhadap apa yang penting dalam kelompok kami. ”

Proyek masa depan untuk Bulosan tengah termasuk meningkatkan Welga! berusaha untuk mengarsipkan kontribusi Filipina ke dalam politik dan aktivisme, memperoleh pengetahuan tentang hukuman dari buruh imigran Filipina yang diperdagangkan dan pendanaan untuk survei di seluruh negeri tentang kesehatan dan kesehatan mental Filipina.

Rodriguez menghubungkan titik kuat dari Bulosa di tengah kemampuannya untuk analisis dan pusat perhatiannya pada sejarah Filipina-Amerika, dibandingkan dengan fasilitas penelitian Filipina yang berbeda yang menjadi pusat perhatian pada dasarnya di Filipina.

“Jika Anda tidak memiliki ilustrasi atau bantuan untuk analisis di lingkungan Anda dari lembaga analisis, dan di sini tepat untuk semua minoritas, maka ada risiko nyata bahwa sejarah dan pengalaman individu tidak akan dilestarikan,” Rodriguez menunjukkan. “Orang-orang di bidang studi Filipina menghargai bahwa ini sangat besar bahkan untuk memiliki rumah kecil di sebuah perguruan tinggi yang luar biasa di mana Anda memiliki pusat gravitasi orang amerika yang bekerja keras dan mempromosikan kotak analisis ini.”

Ditulis dengan bantuan: Elizabeth Mercado – campustheaggie